Stabilkan Harga Bawang

bawangs-1303112bAkhir akhir ini masyarakat dipusingkan dengan terus meningkatnya harga bawang di pasaran yang diikuti dengan meningkatnya harga beberapa komoditas sayuran. Peningkatan harga ini memacu gejolak di masyarakat terutama para penjual makanan yang banyak menggunakan bawang sebagai bahan dasar bumbu makanan. Alhasil harga jual makanan pun menjadi naik atau volume makanan menjadi berkurang sebagai konsekuensi peningkatan harga bawang.

Kenaikan harga bawang tersebut selain disebabkan oleh anomali iklim juga karena adanya masalah dalam impor bawang. Kebijakan pembatasan impor produk hortikultura ditambah permainan nakal dari beberapa importir menjadi salah satu faktor penyebab merangkak naiknya harga bawang di pasaran. Diperlukan langkah yang bijak terutama dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan punya andil besar dalam menstabilkan harga bawang di pasaran.

Kebijakan pembatasan impor produk hortikultura seyogyanya bermanfaat pasti bagi kestabilan harga bagi produk pertanian lokal sehingga petani sebagai pelaku usaha mendapatkan kesejahteraan dari hasil penjualan produk pertaniannya. Tetapi jika kebijakan tersebut ternyata membawa mudharat yang lebih besar, nampaknya kebijakan pembatasan impor tersebut sebaiknya dikaji ulang demi kemaslahatan bangsa dan negara.

Disamping itu untuk menjaga kestabilan harga , perlu juga dilakukan operasi pasar ataupun kegiatan sejenisnya untuk menjaga kemungkinan kemungkinan negatif yang dilakukan oleh pedagang pedagang”nakal” yang ingin mendapatkan keuntungan sendiri tanpa mempedulikan orang lain.

Kerjasama yang baik antar lembaga pemerintahan perlu ditingkatkan, bukan cuma mementingkan ego lembaganya sendiri karena pemerintah seyogyanya harus menjadi pengayom bagi semua elemen masyarakat .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s