PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS PADA KOPI SPECIALTY

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang  menjadi salah satu andalan bagi pelaku usaha agribisnis di Indonesia termasuk petani. Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok bagi perkembangan tanaman penyegar tersebut baik untuk pengembangan kopi arabika pada dataran tinggi maupun kopi robusta pada dataran rendah.

Berdasarkan data organisasi kopi internasional, konsumsi kopi masih melebihi dari produksi yang ada sehingga bisnis kopi masih memiliki daya tarik untuk terus berkembang. Indonesia sendiri selain sebagai produsen kopi juga dikenal sebagai konsumen kopi yang cukup besar. Untuk menjaga kualitas biji kopi, pengembangangan kopi diarahkan kepada pengembangan kopi specialty. Kopi specialty merupakan kopi yang memiliki cita rasa yang khas dan berasal dari spesifik daerah sehingga dari segi harga kopi specialty memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding dengan kopi yang lainnya.kopi6

Sifat khas dari kopi specialty ini perlu dijaga agar tidak dikuasai oleh negara lain dengan merk dagang negara lain. Salah satu cara untuk menjaga keasliannya adalah dengan memiliki hak paten Perlindungan Indikasi Geografis. Berdasarkan PP No. 51 tahun 2007,  Indikasi-geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang, yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. Tanda sebagaimana dimaksud di atas merupakan nama tempat atau daerah  maupun tanda tertentu lainnya yang menunjukkan asal tempat dihasilkannya barang yang dilindungi oleh Indikasi-geografis . Indikasi Geografis mendapat perlindungan setelah terdaftar atas dasar permohonan yang diajukan oleh :

a.   Lembaga yang mewakili masyarakat di daerah yang memproduksi barang yang bersangkutan, yang terdiri atas :

  • Pihak yang mengusahakan barang yang merupakan hasil alam atau kekayaan alam;
  • Produsen barang hasil pertanian
  • Pembuat barang-barang kerajinan tangan atau hasil industrikintamani kopi ig
  • Pedagang yang menjual barang tersebut

b. Lembaga yang diberi kewenangan untuk itu; atau
c. Kelompok konsumen barang tersebut

Keuntungan memiliki Perlindungan Indikasi Geografis adalah sebagai alat untuk mencegah pemalsuan produk dan salah guna. selain itu ada beberapa keuntungan lain diantaranya :
  • Perlindungan konsumen
  • Perlindungan dari persaingan curang (unfair competition)
  • Memberi nilai tambah bagi produk dan sebagai alat  Pemasaran (marketing Tool)
  • Digunakan sebagai standar produk baku
  • Penyebaran pendapatan bagi produser lokal dan dpt dimanfaatkan sebagai promosi industri lokal
  • Memperkuat komunitas lokal dan memlihara kearifan budaya
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s