Pustaka

PENANGANAN PASCAPANEN HASIL TANAMAN PERKEBUNAN

Komoditas perkebunan merupakan komoditas andalan pada sektor pertanian, karena komoditas perkebunan dalam pemasarana hasilnya lebih berorientasi kepada ekspor. Namun demikian, terkait dengan permasalahan pasar, mutu hasil tanaman perkebunan yang dihasilkan oleh Indonesia khususnya komoditas yang sebagian besar dikelola oleh petani terkendala dengan rendahnya mutu produk yang dihasilkan. Sebagai contoh pada komoditas kakao, biji kakao yang dihasilkan oleh petani indonesia sebagaian besar masih non fermentasi, padahal syarat penting dalam industri coklat, biji kakao sebagai bahan baku harus biji kakao fermentasi. contoh lain adalah pada tanaman pala, dalam kurun waktu 2010 -2011  ekspor biji pala indonesia ditolak oleh Uni eropa karena diduga tercemar oleh Aflatoxin (senyawa berbahaya yang dihasilkan oleh jamur dan bisa menyebabkan kanker). Alhasil kondisi tersebut menyebabkan nilai jual yang diterima oleh petani menjadi rendah.

Penyebab rendahnya mutu hasil tanaman perkebunan selain karena praktek budidaya yang tidak sesuai, juga karena penanganan pascapanen yang masih kurang. Petani cenderung mengabaikan prinsip GHP (Good Handling Practice) dalam melakukan penanganan pascapanen. Terkait dengan masalah tersebut Kementerian Pertanian dalam hal ini Ditjen Perkebunan telah mengeluarkan pedoman dalam melakukan penanganan pascapanen tanaman perkebunan yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi petani khususnya dan elemen yang lain dalam melakukan penanganan pascapanen tanaman perkebunan. Adapun pedoman penanganan pascapanen yang telah dibuat adalah untuk komoditas kakao, kopi, lada, pala, nilam dan tembakau.

Buku pedoman penanganan pascapanen perkebunan dapat didownload di bawah ini :

  1. Pedoman pascapanen kakao, download
  2. Pedoman pascapanen kopi, download
  3. Pedoman pascapanen lada, download
  4. Pedoman pascapanen pala, download
  5. Pedoman pascapanen nilam, download
  6. Pedoman pascapanen tembakau, download

 

PERUNDANGAN PERKEBUNAN

Bagi rekan rekan yang memerlukan beberapa peraturan perundangan yang terkait dengan  perkebunan bisa didownload di bawah :

  1. Sistem Budidaya Tanaman, download
  2. Undang Undang Perkebunan, download
  3. Izin Usaha Perkebunan, download
  4. Pedoman Indonesia Sustainable on Palm Oil (ISPO), download dan lampirannya download

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s